Mendigitalkan Digital (2)

Perlunya Digitalisasi Manajemen Printshop

Artikel Sebelumnya, Mendigitalkan Digital (1)

Mendigitalkan Proses Bisnis Printing

Pada prakteknya, tidak mudah bagi management printshop untuk mengatasi hal tersebut. Secara konvensional, bisnis ini dijalankan dengan pengisian form SPK (Surat Perintah Kerja) secara manual dan perlunya dilakukan pengawasan serta follow up team secara berkala agar scope dan timeline pekerjaan tetap sesuai dengan kelengkapan dokumen SPK.

Jika printshop Sudah memiliki beberapa cabang tentu hal ini sangat tidak praktis dan melelahkan. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem digital yang dapat mengatur alur prses bisnis secara otomatis, sehingga management atau pemilik printshop dapat lebih berkonsentrasi dalam pengembangan bisnis.

Membangun sebuah sistem digital yang dapat melakukan pengawasan dan berjalan otomatis tersebut tentu membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Menjawab kondisi tersebut, saat ini telah tersedia sebuah produk berupa system/aplikasi yang dapat memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan diatas.

Produk ini adalah PRINTFLOW dari IDEALOGIC STUDIO. Printflow yang berfungsi sebagai system/aplikasi manajemen bisnis memiliki fitu utama dan fitur pendukung. Fitur-fitur utama printflow terdiri dari Digital work order (SPK digital), workflow management, stock management, product management, device management, expenses management. Sedangkan fitur-fitur pendukung (bersifat optional) terdiri Dari online receipt, job notification, queuing module dan online report syncronization. Fitur-fitur inipun akan terus diupdate dan bertambah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang terjadi pada bisnis printing.

 

Printflow sebagai Manajemen Bisnis

PRINTFLOW sebagai system/aplikasi manajemen bisnis memiliki fitur-fitur utama sebagai berikut

 

POS (point of sales)

Modul ini memungkinkan user untuk memanage transaksi pada bisnis yang dilakukan sehingga dapat berfungsi sebagai log dan record transaksi, sistem kasir, modul pembayaran, integrasi dengan laporan piutang, print receipt, dan lain sebagainya

 

Digital work order (spk digital)

Fitur dari PRINTFLOW ini sebagai solusi untuk mengurangi masalah-masalah mendasar yang kerap terjadi pada bisnis printing terlebih yang terjadi akibat adanya kesalahan pengguna. SPK digital akan mendigitalkan sistem pembuatan SPK yang sebelumnya dilakukan dengan manual (ditulis tangan pada kertas SPK) menjadi form input SPK yang ada pada software PRINTFLOW. Data-data yang diinput pada form tersebut akan tersimpan dan diatur dengan baik oleh PRINTFLOW sehingga kemungkinan kehilangan data dapat diminimalisir.

 

Business workflow (printing)

Fitur inti dari software PRINTFLOW ini akan mengatur flow proses dari bisnis printing yang dimulai dari proses pembuatan SPK digital dimana hal tersebut akan melalui flow sesuai dengan skema yang telah ditetapkan dan menjadi standar dasar dalam bisnis printing. Proses bisnis ini secara global mencakup proses input -> produksi -> output. Dengan fitur ini pula bagian-bagian terkait dapat melakukan tracking dan monitoring mengenai proses yang sedang berjalan.

 

Reporting

Fitur ini berguna Untuk melihat laporan-laporan transaksi yang terjadi baik secara harian maupun bulanan, baik secara detail maupun secara visual dengan chart.

  • Sales report: mencakup laporan mengenai penjualan yang terjadi baik secara harian ataupun bulanan.
  • Cashier report: report mengenai pendapatan atau keuangan yang didapat oleh kasir yang sedang bertugas baik secara harian ataupun jangka waktu yang ditetapkan.
  • Collection report (Laporan Piutang): laporan yang berisi daftar piutang yang dapat dicollect yang dapat di sorting berdasarkan waktu dan data pelanggan.
  • Dashboard: berisi laporan berupa graphic chart serta tabel yang berisi info poin-poin penting dari proses bisnis yang terjadi seperti revenue, top ten customer, top ten product, cashflow, detail transaksi, device utilization. Serta memungkinkan untuk digunakan sebagai resource lengkap Analisa bisnis dengan cara mengunduh detail laporan berupa file Microsoft excel.

 

 

Stock management

merupakan fitur untuk memanage stock yang digunakan pada produk, kondisi stock akan secara otomatis berubah sesuai dengan transaksi bisnis yang terjadi.

 

Product management

Pengaturan harga, spesifikasi, bahan, customisasi, dan harga produk dapat anda manage disini. Fitur ini juga memungkinkan untuk membuat sebuah produk dengan tingkat kustomisasi yang tinggi.

 

Device management

Fitur yang memungkinkan anda untuk mengorganisir mesin-mesin yang mendukung produktifitas bisnis anda dimana anda akan dapat mengetahui tingkat utilisasi mesin dan pendapatan yang dihasilkan oleh device-device tersebut.

 

Expenses management

Fitur berupa modul yang dapat digunakan untuk mencatat dan memanage pengeluaran yang terjadi pada bisnis yang sedang berjalan termasuk didalamnya secara spesifik memanage system pembelian bahan. Pada fitur pengeluaran berupa pembelian bahan sendiri sudah mendukung proses pembelian bahan dimana bahan/stock yang dibeli masih dalam posisi on transit (dalam perjalanan) dan terintegrasi dengan Stock management.

Selain itu pada modul ini anda juga dapat melihat history pengeluaran yang telah dilakukan, pembayaran dengan jatuh tempo, dan melihat info tagihan/kewajiban yang harus anda bayarkan.

 

Fitur Pendukung Printflow

Online receipt

Struk berupa link yang akan dikirimkan melalui SMS yang sudah di personalisasi dan dapat dilihat secara mendetail melalui browser pada ponsel pelanggan.

 

Job done notification

Pelanggan akan mendapatkan notifikasi otomatis apabila order yang dilakukan telah selesai di produksi.

 

Queuing module

Merupakan sistem untuk mengatur antrian pelanggan.

 

Online report syncronization (diperlukan implementasi online server)

Memungkinkan anda untuk melihat laporan secara real time dimanapun dan kapanpun.

 

Kesimpulan

Bisnis digital print hingga saat ini masih sangat menjanjikan. Dengan proses yang relatif lebih singkat dan mudah — daripada jenis cetak lainya, maka bisnis digital print sangat cocok Untuk mereka yang telah berpengalaman dalam dunia printing maupun yang baru saja akan terjun dalam bisnis jenis ini. Pun begitu dalam perjalanan nya semua jenis bisnis selalu ada permasalahan-permasalahan yang muncul, termasuk bisnis digital print. Maka diperlukan sebuah solusi yang dapat meminimalisir terjadinya masalah-masalah tersebut.

Printflow hadir sebagai solusi yang tepat bagi pelaku usaha printing. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada printflow, maka pemilik bisnis digital print dapat lebih berkonsentrasi pada strategi-strategi bisnis atau bahkan melakukan pengembangan bisnis daripada hanya selalu memikirkan dan memonitoring bisnis yang sudah berjalan secara manual.

agto

Leave a Reply