The Front Liner

(CS Sebagai Ujung Tombak Revenue)

Setiap personal atau bagian dalam sebuah ekosistem bisnis pasti akan saling terkait dan bekerja sama dalam menjaga serta memastikan berjalannya bisnis yang sedang dilakukan. Setiap bagian ini pula akan memiliki peran dan porsinya masing-masing dalam hal kontribusi terhadap pencapaian suatu bisnis. Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai peran ujung tombak atau front liner di  bisnis cetak yang pada umumnya kita sebut sebagai customer service.

Customer service merupakan bagian atau personal yang akan berhadapan secara langsung oleh pelanggan. Hal tersebut membuat seorang customer service menjadi sebuah first impression atau kesan pertama customer terhadap unit bisnis, store atau apapun bentuknya. Dilatar belakangi oleh kondisi tersebut maka seorang customer service diharuskan memiliki kemampuan dan kecakapan baik secara tangible (terlihat) seperti good looking ataupun intangible (tidak terlihat) seperti keramahan, komunikatif, dan solutif.

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

Untuk bisnis printing khususnya ada satu hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang customer service yaitu pengetahuan (knowledge) mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh unit bisnis tempat mereka bekerja. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa di Indonesia seorang customer service akan merangkap fungsi tidak hanya sebagai customer service murni tetapi juga sebagai setter, layouter, atau bahkan designer. Memang akan menjadi suatu hal yang sangat challenging disaat penggabungan fungsi kerja tersebut dilakukan. Sebuah skill set yang mumpuni pastinya akan sangat dibutuhkan bagi mereka seorang customer service yang akan menjadi ujung tombak transaksi yang berujung pada pendapatan sebuah bisnis. Pada link video ini anda akan kami ajak untuk melihat sebuah tools yang akan membantu seorang customer service untuk menjalankan role nya sehingga dapat memberikan tingkat konversi yang tinggi dari sebuah pertanyaan kebutuhan pelanggan menjadi order serta memberi tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi dikarenakan tools ini akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas customer service dalam melayani pelanggan.

agto

Leave a Reply